Sabtu, 16 Juli 2011

Sebagian Situ pamulang berubah fungsi “pamulang square”

Melayu pos, Tangerang Selatan

Beberapa situ yang ada di kota tangerang selatan seharusnya dikembalikan fungsinya sebagaimana layaknya situ sebagai resapan air. Namun pada kenyataanya masih banyak situ yang luas dan pemanfaataanya di salah gunakan.

Memang lebih dari satu situ yang ada di Tangerang Selatan, namun luas dan pemanfaatan lahan sering di salahgunakan apalagi luasnya sudah berkurang dari awalnya, bahkan lahan situ di urug kemudian di jadikan fungsinya dan sudah pasti di perjual belikan

Seperti halnya situ pamulang yang berdekatan dengan Pamulang Square luas nya sudah berkurang dari yang sebelumnya menjadi lahan parkir.

Hal lainnya ada perlintasan Sutet (Saluran Udara Tegangan Tinggi) yang melintasi situ tersebut. Perlintasan sutet yang tiang pancangnya ada area situ, dengan sifat air yang menimbulkan erosi, dan mungkin suatu saat akan roboh jika perlintasan sutet ini tidak dipindahkan tentu sangat membahayakan bagi warga sekitar, serta ekosistem yang ada diperlintasan situ juga akan terganggu dengan perlintasan sutet.

Pada hari Air Dunia (21/5) yang diselenggarakan di bendungan Gintung Djoko kirmanto mengecam dan melarang dengan adanya mall di pinggir situ.

“itu sebenarnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah jadi kalau nanti ada situ di pamulang tiba-tiba dipinggirnya ada permintaan ijin ke ibu walikota minta supaya ada pamulang square, kami mohon supaya tidak di ijinkan”ujar djoko kirmanto menteri Pekerjaan Umum.

Ada sekitar dua ratus dua puluh situ di jadebodetabek, semua pemanfatan situ pun harus di upayakan secara maksimal, sebagai kantung air, baik oleh pemerintah daerah maupun pusat.

Tata kota dan tata ruang derah setempat bertanggung jawab untuk pembenahan, untuk tidak memberikan ijin bangunan dan di sekitar waduk atau situ.

Seperti halnya tragedi yang terjadi di situ gintung beberapa tahun yang lalu, banyaknya korban akibat jebolnya tanggul situ. Ini merupakan cerminan untuk tidak memberikan ijin bangunan di sekitar situ. (heri/rahmat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar